18.29
0
Untuk kedua kalinya Dinas koperasi UMKM NTB kembali menggelar Rakor bagi camat se NTB, di antaranya Delapan camat yang ada di kabupaten Dompu. kali ini Rakor camat yang di ikuti oleh 116 Camat se-NTB di antaranya Camat Jagung ( Camat Manggelewa ) dan unsur pejabat Dinas koperasi UMKM NTB sebagai tindak lanjut Rakor camat sebelumnya. 
Rakor Monitoring dan Evaluasi Peningkatan Peran Camat Dalam Rangka Pemberdayaan Koperasi dan UMKM se – NTB ini dilaksanakan di Hotel Jayakarta dari tanggal 29 april s/d  1 mei 2011 dengan menghadirkan narasumber dari Deputi bidang kelembagaan dan UKM kementerian koperasi dan UKM RI, Asisten perekonomian dan pembangunan Setda NTB, Kepala Bapeda NTB, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan keluarga berencana NTB, Pimpinan BI Mataram, serta Kepala Dinas Koperasi UMKM NTB..Ungkap M.Rais H.M.Taher selaku Camat Manggelewa yang menghadiri acara tersebut.
Adapun tujuan dari Rakor ini seperti disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi UMKM NTB, Ir.H.Moh.Rusdi ,MM adalah untuk meningkatkan peran camat dalam rangka pemberdayaan  koperasi dan UMKM untuk lebih berperan sebagai motivator penggerak koperasi dan UMKM di wilayahnya.Para camat khususnya dapat lebih mengetahui jenis kegiatan usaha koperasi dan UMKM yang dapat di kembangkan sesui dengan sumber daya yang tersedia di wilayah Kecamatan masing-masing. Selain itu untuk mengetahui dan mengevaluasi perkembangan dan pertumbuhan koperasi dan penumbuhan wirausaha baru di setiap kecamatanyang ada di Nusa Tenggara Barat NTB.
Sesuai dengan target penumbuhan 100.000 wirausaha baru dan target 2000 koperasi berkualitas selama 5 tahun (2009 – 2013) berbagai langkah sudah di laksanakan oleh Dinas Koperasi UMKM NTB diantaranya:
Merekrut 116 kader wirausaha baru di seluruh kecamatan se-NTB melalui dana APBD. Melaksanakan bintek kepada 116 kader wirausaha baru melalui dana APBN. Mulai pada tahun 2010 melaksanakan workshop meningkatkan peran camat dalam rangka pemberdayaan koperasi dan UMKM yang di ikuti 116 camat melalui dana APBN. Melaksanakan pelatihan kewirausahaan kepada 350 aparat Desa dan kelurahan se-pulau Lombok melalui Dana DBH-CHT 2010. Melaksanakan pelatihan kewirausahaan membuat roti kepada 440 wirausaha baru, di lombok timur 200 orang dan di kota mataram 240 orang bekerjasama dengan PT.Boga Sari. Melaksanakan pelatihan kewirausahaan membuat Nata De Coco 20 orang di Kabupaten  Lombok Utara kerjasama dengan PP dan KB. Melaksanakan pelatihan kewirausahaan membuat saos dan permen tomat kepada 80 orang, di Kabupaten Lombok Timur 20 orang , KLU 20 orang, Lombok Tengah 20 orang, 20 orang di Lombok Barat kerjasama dengan BUMN. Melaksanakan diklat kewirausahaan bagi peserta pasca magang di luar negeri kepada 60 orang, 3 angkatan melalui APBN. Melaksanakan pelatihan kepada pengurus, pengawas dan karyawan koperasi. Guna tercapai koperasi berkualitas pada tahun 2011 akan di laksanakan  Kuliah Kerja Nyata atau KKN mahasiswa fakultas ekonomi UNRAM di koperasi yang terpilih se – NTB.
H.Moh Rusdi berharap kepada seluruh camat agar dapat berperan serta dalam mewujudkan 2000 koperasi berkualitas dan penumbuhan 100.000 ribu wirausaha baru di wilayah masing-masing.  (opick)

0 comments:

Posting Komentar

Blogger templates