00.29
0

 
2900 hektar tanaman jagung dari target 2855 Hetar kini menghijaukan lahan masyarakat yang ada di Kecamatan manggelewa yang terhapar luas, Saat Camat Manggelewa M.Rais dan Badan Penyuluh pertanian
 ( BPP ) kecamatan manggelewa,Rojikin Sp, bersama beberapa orang staf kecamatan manggelewa meninjau lahan jagung yang ada di kecamtan manggelewa.
Dari jumlah 2900 hetar,yang sudah maksimal,1556 Hetar, sedangkan yang terlambat 300 hetar, Menurut Rojikin Sp ini karna lambatnya Danah bantuan dari pemerintah untuk membeli bibit..
            Untuk menjalankan program ini  Camat Manggelewa M.Rais, terus keliling di setiap lahan dikawasan kecamtan manggelewa memberikan semagat dan dukungan kepada petani Khususnya Petani jagung
            Saat ini program pengembangan tanaman jagung bisa dikatakan sukses besar,hanya bermodalkan antusial masyarakat yang bertekat untuk meningkatkan  taraf kehidupan ekonominya,seluruh pihak yang terlibat dalam program PIJAR ini berhasil memecah segala kebutuhan dan hambatan yang tentunya tidak mudah untuk di lewati oleh orang – orang yang tidak ihlas dalam bekerja.
            Camat Manggelewa dalam kunjungannya di lahan perkebunan jagung di Desa Kampasi Meci Kecamatan Manggelewa kabupaten Dompu mencurahkan kebahagiaannya yang telah ia capai dalam program tersebut,bagaimana tidak,ratusan hektar jagung yang telah menghijaukan pingiran jalan  dan lahan tegalan dan perbukitan seakan di penuhi oleh tanaman jagung ‘ melihat lambaian pohon jagung yang diterpa oleh angin  membuat saya engga untuk berajak pulang saya sangat bahagia melihatnya ungkapnya ( Jon Rais ) seraya melepaskan padanganya sejauh mungkin melihat perkebunan jagung Senin kemarin ( 3/2/2011 ).
           
Menurutnya, kunci dari keberhasilan jagung ada pada masyarakat yang menjadi objek pembangunan oleh pemerintah,kemampuan masyarakat dalam membaca peluang membuat mereka merespon program ini dengan baik, ‘ kita memiliki petani yang sangat rajin,dengan semangat kerja yang begitu tinggi. Saya berharap semoga semangat ini bisa terus dijaga dan di tingkatkan,jika hal ini bisa terus dijaga maka kita hanya membutuhkan waktu hanya dua bulan  saja untuk merubah keadaan ekonomi masyarakat manggelewa,harapnya.
            Lanjutnya ia sebagai seorang pemimpin di wilayah kecamatan manggelewa berkewajiban merespon setiap aspirasi masyarakat,terutama yang terkait dengan program pembangunan seperti program PIJAR, yang sudah di programkan oleh Bupati Dompu Drs H.Bambang M.Yasin karna program tersebut telah menunjukan keberhasilan yang bisa di nikmati secara langsung oleh para petani.
            Camat manggelewa M.Rais mengharapkan agar warga masyarakat Desa Kampasi Meci umumnya Warga Kecamatan manggelewa dapat menjadikan program pijar ini sebagai pintu masuk bagi masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup. ‘ saya harap pijar menjadi gapura yang megah bagi masyarakat Manggelewa Khususnya warga masyarakat Desa Kampasi meci untuk merupah kondisi ekonomi,.’harapnya, Jon Rais.  ( Opick )



        

0 comments:

Posting Komentar

Blogger templates