06.12
0
KM Manggelewa   Gunung Tambora Terletak di Propinsi Nusa Tenggara Barat yaitu di Pulau Sumbawa  dan berada di  Dua Kabupaten Yaitu Kabupaten Dompu (sebagian Kaki sisi selatan sampai barat laut dan Kabupaten Bima Bagian lereng sisi selatan hinga barat laut) Pada Letusan Gunung Tambora  5 April 1815 terdapat tiga Kerajaan yang tertimbun akibat letusan dahsyat tersebut. Ketiga Kerajaan itu yaitu Kerajaan Tambora, Pekat Dan Sanggar.
Salah Satu Warga Desa Kampasi Meci Kecamatan Manggelewa Menemukan dua buah Benda bersejarah berupa satuh ukiran dari perak/Perungu  yaitu Ayam Jago dan Cereng,ini  di perkirakan dari perak juga..penemuan ini di saat “Lalu Sukardin” bersama satu orang temanya  Warga Desa Kampasi Meci Kecamatan Manggelewa Kab Dompu – NTB  yang sedang Perburu di Lereng Gunung Tambora  yaitu di sisi selatan hinga barat laut di kecamatan Sanggar kabupaten Bima penemuan ini delapan tahun yang lalu. Dugaan sementara Barang Bersejarah ini Milik kerajaan sanggar karna lokasih penemuan nya terletak di Kecamatan Sanggar. Yang terkubur saat meletus Nya Gunung Tambora  pada tanggal 5 April 1815. dan barang tersebut masih tersimpan rapih di rumah lalu Sukardin penemu barang tersebut.
Barang ini sudah pernah di Tawarkan dengan Berapapun harganya oleh seseorang yang ingin mengkoleksi barang - barang purba kala, tapi saya tidak ingin menjualnya  karna kedua barang ini sangat beruntung bagi saya. Selama saya memiliki barang ini saya tidak merasakan susah dalam hidup saya, dibandingkan sebelum nya . Dan Asbab Barang ini Rejeki saya lancar. Bahkan sekarang saya bisa bagun Rumah Batu. Dan Ajaibnya Cereng ini udah pernah di Coba di masukan air didalamnya dan di kasih minum orang yang sakit langsung sembuh. ungkap lalu sukardin
Aiman Tokoh masyarakat yang kami Konfirmasi di lokasih mengatakan. Kedua Barang ini saya yakin Milik kerajaan sanggar karna melihat Lokasih nya di lereng Gunug Tambora Kecematan Sanggar.(Opick)


0 comments:

Posting Komentar

Blogger templates